Merawat Ayam

Memelihara dan merawat ayam adalah pengalaman dan ilmu2 baru bagi saya.. seaching di mbah google sekarang fokus tentang ayam :)
Dengan ilmu & pengalaman yg sangat minim buat saya merasa perlu memperhatikan extra ayam2 saya tersebut, asal terlihat ga aktif atau g nafsu makan segera cari tau apa dan mengapa… harus diapakan..
Search sana sini… berikut adalah salah satu literatur yang saya dapat dan aplikasikan pada ayam2 saya.

Tanaman dan sesuatu yang sering disebut limbah Rumah Tangga :) saya pakai/berikan pada ayam2 sekedar menjaga stamina atau bahkan merawat mereka disaat kelihatan ga fit… seain bahan tradisional, yang pasti ngirit :D

tanaman yang sering saya pakai untuk pencegahan penyakit pada ayam yaitu : daun pepaya, temu ireng, temu lawak, kulit bawang putih, kulit bawang merah, daun teh, dan daun salam. (beberapa daun tanaman juga sering saya pakai untuk menambah vitamin/mineral pada ransum, seperti daun singkong, dan daun temu-temuan). Bahkan, sisa-sisa sayuran atau kulit bumbu-bumbu bekas yang tidak terpakai atau bahan sisa masakan :) saya rebus kemudian saya campurkan pada ransum ayam.
Cara aplikasi sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

1. iris tipis-tipis daun-daun tersebut diatas

2. rebus daun dan temu-temuan tersebut sampai mendidih, kemudian diamkan hingga hangat.

3. nah, air rebusan tadi dicampurkan pada air minum ayam atau untuk ditambahkan pada pakan (pakan basah). Selain itu irisan daun/temu-temuan tersebut jangan dibuang, kan sayang. Irisan-irisan tersebut dicampurkan pada ransum ayam. Pemberian ini terutama pada pagi hari.

4. aplikasi diatas dilakukan secara teratur, terutama pada saat pergantian musim dimana penyakit biasa timbul. Rentang waktu pemberian obat tradisional ini sebaiknya 2-3 hari sekali. Di luar pergantian musim seminggu sekali saya rasa cukup.

Selain berfungsi sebagai pencegahan, juga untuk menambah nafsu makan pada ayam dan menambah vitamin/mineral alami. Prinsipnya, jika ayam banyak makan (yang bergizi) maka akan sehat.

Dari literatur yang saya dapat bahwa ternyata bahan2 tradisional tersebut bisa juga mencegah tetelo selain dengan pemberian vaksin.
Cara yang lain untuk pencegahan, penyakit tetelo yaitu dengan membeli obat vaksin ND Hitchner yang banyak tersedia di pasaran. Pemberian obat ini biasa saya lakukan pada waktu ayam berumur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan. Aplikasi bisa lewat tetes mata maupun dicampur dengan air minum.

Perpaduan yang terbaik, ya divaksin sekaligus diberi obat tradisional. Menurut pengalaman saya, Alhamdulillah ayam-ayam saya sehat. Walau ada yang terkena penyakit, ya wajar saja namanya juga makhluk hidup :D

4 Responses

  1. apa nama penyakit ayam dengan ciri sbb : kepala membesar, berwarna kebiru-biruan, matanya membengkak. dalam waktu kurang lebih 1 minggu, ayam mati tapi ada juga yang kembali sehat? mohon penjelasan cara penanganan dan obat, serta carapengobatan

    • wah salah alamat ni nanya penyakit..
      sy bukan dokter :) sy belum pernah ketemu penyakit bgt…sy coba analisa aja ya, kalau mata membengkak bisa jadi snot mungkin mas… atau pembengkakan disekitar wajah/kepala bisa jadi sulit nafas karna flu/pilek. di cek lagi hidungnya basah g??
      kalau kedokter hewan sulit… bisa konsultasi ke penjual pakan biasanya mereka juga menyediakan obat2an.
      maaf kl jawaban tidak berkenan… :)

  2. Ada angak waktu waktunayam ketawa berbunyisoalnya ayam saya ketawa cuma dipagi hari selebihnya jarang, gimana caranya spy RA in ketawa Ada resep ngak,apakah semakin tua umur ayam semakin RA in ketawa,sekedar info umur ayam says 6 bulan.

    • sepengalaman saya.. g da waktu tertentu, tp ayam berbunyi bisa sesuai suasana hati/lingk nya. resepnya biar sering bunyi???? lebih akrab aja dg ayamnya :) usia 6 bln ketawanya masih bisa berubah2,diatas 7 bln baru akan kelihatan pasti ketawa yang bagusnya. good luck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: