Prospek Sip Ternak Ayam Ketawa

Bermula dari ketidaksengajaan dan ketidaktahuan… ayam ketawa. lewat pertengahan tahun kemarin, ketika saudara laki2 (abang) berkunjung kerumah saya (jogja) dengan membawa begitu banyak ayam.. cukup mengagetkan karena tidak ada konfirm tentang ayam2 itu sebelumnya.
Tanpa banyak tanya, hanya melihat kedatangan abang yang sejak awal sudah sibuk dengan mencari kandang jadi/kurungan dan perlengkapan serta rupa2 pakan.. karena dirumah saya tidak ada pelihara ayam. Sambil terus mengamati hingga tanda tanya besar saat ada orang yg datang kerumah (setelah dipandu via telpon tuk sampai kesini)… mendengar pembicaraan mereka (tak bermaksud menguping.. ) tentang si jantan putih itu dengan harga 2jt… dalam hati hanya berkata sinis.. “mau-maunya beli ayam harga segitu’.. yang sekilas secara fisik g da beda dengan ayam kampung biasa.. hanya saat itu memang hanya suara kokoknya terdengar aneh… terdengar lucu..
Setelah pembeli pulang, menghampiri abang yang duduk dikursi tamu masih memegang uang 2jt tadi, coba lepaskan kepenasaran. Dari situlah ku mengenal ayam ketawa😀
Jago putih, 10 pasang usia 3-4 bln, 22ekor 1bulan dalam wakt kurang 3minggu hanya tersisa 3pasang yang pada akhirnya mereka menjadi milik saya dan akhirnya bisa dinikmati hasilnya sekarang.
Kenyataannya.. usia 7 bulan sang betina sudah bertelor dan bulan ke8 sudah terjual. bayi ayam itu saya lepas diusia 1 minggu dengan alasan ilmu merawat bayi ayam belum begitu paham… dan tentu karena banyak peminatnya bahkan sejak dari si ayam mengeluarkan telor pertamanya sudah ada yang pesan🙂
Sejak si ‘kucir’ bertelor 1 saya semakin serius.. mencari literatur tentang perawatan ayam.. penyakit2 yang biasa menyerang dan penanggulangannya. Alhamdulillah selama itu tidak ada masalah dalam penanganannya.
Sungguh bisnis yang cukup menjanjikan… ayam langka dan banyak peminatnya.. tentunya hiburan yang menelorkan rupiah..
Sekarang sisa tanah belakang rumah adalah tempat nongkrong favorit saya, bahkan.. sambil makanpun saya menikmati ternak2 saya itu, terus mengamati tingkah polah mereka dari jendela atau duduk didepan pintu menghadap kandang🙂 dan tentu saja suara mereka menumbuhkan rasa senang dan kebanggaan tersendiri bagi saya.
Saat ini saya mampu menjual anak usia 1bulan sebanyak 20 ekor/ming… itu hanya iklan dari mulut ke mulut saja. kalau pakai media yang lain… tentunya lebih banyak lagi.. InsyaAllah..
Bismillah… saat itulah saya mulai usaha ini, membudidayakan ayam ketawa yang tadinya juga sudah sedikit jumlahnya ditempat asal.. sambil meraup rupiah.

9 Responses

  1. saya mau coba beternak ayam ketawa. kalau beli anakan umur 1 minggu itu harganya kisaran berapa ya?
    TK

  2. mas minta alamatnya mas,saya tertarik ayam ketawa,thanks

  3. wouw… di sini ternyata markasnya ayam…. mari berbagi donk di berandaku….

  4. Bs join bisnis tah,,, kl bs cll 085335387209 cz dtmptq boomer gt ttg ayam ketawa tu,, a serius ne.. trim..

  5. mas,saya di daerah lamongan kalo pesen dari bantul mungkin gk ya,saya sangat pengen sekali coba ternak ayam ketawa .bisa bantu rekan kenalan daerah lamongan yang ternak ayam ketawa ,agaan

  6. Mbak kalo kirim ke kupang-ntt utk umur 2bln jantan 5ekor betina 5ekor bisa?

Leave a Reply

