Sejarah Kalimantan Barat

Propinsi Kalimantan Barat terbentuk tanggal 1 Januari 1957. Pembentukan bersamaan dengan Prov Kal-Sel dan Kalk-Tim. Pada awal kemerdekaan, wilayah Kalimantan Barat merupakan bagian dari Provinsi Kalimantan.
Penghuni pertama Kal-Bar dierkirakan hidup dikawasan pantai dan pinggiran Sungai Kapuas. Pada Abad ke-5 mereka sudah menjalin hubungan dagang dengan India, Cina dan Timur Tengah. Kal-Bar termasuk rumpun Melayu.
Di Kal-Bar sedikitnya pernah berdiri 13 kerajaan. antara lain Tanjungpura, Sukadana, SImpang, Mempawah, Sambas, Landak, Tayan, Meliau,Sanggau,Sekadau, Sintang, Kubu, dan Pontianak. Tumbuhnya kerajaan tersebut bermula dari kedatangan Prabu Jaya, anak Brawijaya dari pulau Jawa
Tahun 1598 Belanda mendarat di Kalimantan, namun beru menjajah kalimantan pada abad ke 17. Ketika itu Belanda dan Inggris berusaha menguasai perdagangan hinggga abad ke 19 monopoli dagang oleh Belanda dan Inggris. Abad ke 20 Belanda telah menguasai daerah pedalaman. tThun 1930 Belanda berhasil menduduki Kalimantan kecuali Kalimanta Utara yang dikuasai Inggris.
Februari 1942, Jepang mendarat di Kalimantan Langsung mengambil alih kekuasaaan Belanda. Kungkungan dan kekerasan Jepang berakhir setelah kalah dalam perang dg “Saudara Tua” dan menyerah pada sekutu.
Berita Proklamasi kemerdekaan sampai di Kalimantan Barat tanggal 18 Agustus 1945. setelah berita menyebar para pejuang Kal-Bar segera membentuk organisasi “Panitian Penyosong Republik Indonesia (PPRI). Maka dimulailah era usaha mempertahankan kemerdekaan

2 Responses

  1. thx buat sejarah singkatnya..

  2. […] Sejarah Kalimantan Barat […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: