Rumah untuk Anakan

Bagi yang mau beli anakan, siapin dulu rumahnya sebelum kedatangannya… bikin kandang dulu, gak perlu bagus yang penting nyaman & bikin betah🙂 apalagi anakan yang baru disapih perhatikan yang jeli, kasiankan sudah terlepas kasih sayang induk tak disayang dg jurgannya pula…😀
sekedar share aja untuk tempat/rumaha anakan
Barang bekas berupa kotak kayu yang besar dapat dibuat sebagai kandang anak ayam. Buatlah lubang disisinya untuk memasukkan kabel lampu. Lampu 60 Watt di dalam kandang akan memberikan panas yang cukup pada anak ayam dan biasanya mereka akan mencari sendiri posisi yang paling nyaman. Usahakan agar lampu tidak menyentuh kandang untuk menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran.

Sebagai alas atau talam (litter) dalam kandang dapat digunakan kulit gabah atau butiran strowbur (plastik busa) yang masih baru dengan ketebalan antara 10 sampai 15 cm. Kandang yang baik bagi anak ayam adalah apabila suhu di sisi luar sebelah bawah kandang berkisar antara 30 sampai 32ºC. Sebilah papan atau anyaman kawat setinggi kurang lebih 60 cm dari dasar kandang dipasang sebagai penghalang anak ayam dari sumber panas.

Ventilasi kandang merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan tinggi rendahnya suhu di dalam kandang. Beberapa ventilasi sebaiknya disediakan penutupnya. Pada musim dingin, semua ventilasi yang menghadap pada arah angin masuk terutama yang dekat lantai hendaknya ditutup. Sedangkan pada musim panas, bukalah ventilasi selebar-lebarnya agar udara segar masuk sebanyak-banyaknya.

Sebelum anak ayam tiba, Anda harus yakin betul bahwa Anda telah siap menerimanya. Kandang dan semua peralatan telah dibersihkan dan disemprot anti hama. Pekerjaan tersebut sudah harus selesai beberapa hari menjelang anak ayam tiba sehingga kandang benar-benar telah kering pada saat anak ayam tiba.

kalau sekiranya ga ada kandang yang seperti itu/ga mau repot… box/kardus bekas takapalah, diberi celah/bolongan dua sisinya untuk udara… (malang betul engkau nak)
slamat mencoba..🙂

4 Responses

  1. seru banget liat blognya situ mbak… Sebagian hobinya juga mirip sama saya pelihara ayam sekaligus penulis. Saya juga pelihara berbagai jenis ayam n nyambi nulis skenario n cerita panjang atau pendek. Saya lagi nyari penulis mitra yg bisa nyambung secara spontan. minat??????????

    • mksh atas kunjungannya… wah kl jd mitra penulis tar status pekerjaannya jd bnyk bgt…”serabutan”…😀
      tp ok juga tawarannya🙂

      • simpel aja sih mbak, contoh gini. Saya buat cerita sampe beberapa lembar tar saya kirim silahkan di lanjut sesuai imajinasi. dapet beberapa lembar kirim balik tar saya lanjut lg. Intinya adl mengasah inspirasi spontan. Saya dah nyoba tapi diterbitkan di prancis. Pengen nyoba yg di indonesia

      • wah… ngarang bebas dong, jadi novelist gitu😀
        oke deh saya coba.. nambah pengalamn + nambah ilmu… emailkan aja samplenya… tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: