Mengenal Anakan Ayam Ketawa

Sebenarnya ada aturan tidak tertulis bagi hobis pemula yang ingin membeli Ayam Ketawa umur anakan 1 sampai dengan 2 bulan, jarang dijual dengan alasan kesehatannya masih pasif.
Masih perlu divaksin, meski sudah divaksin itupun harus menunggu umur aman apalagi pengirman sampai luar pulau.
Vaksin yang diperlukan untuk anakan Ayam Ketawa adalah ND, Kumoro dan AI.

Anakan Ayam Ketawa yang berumur 1 sampai dengan 2 bulan, mungkin hampir sama dengan anakan ayam kampung cirinya, baik dari warna maupun ukuran, bentuk dan gerak geriknya, Ayam Ketawa seumuran ini masih belum mengeluarkan cirri khasnya sebagai Ayam Ketawa .
Karena suaranya masih berkotek seperti halnya anak ayam jenis kebanyakan.

Kawasan Sidrap (sidenreng Rappang) selama ini dikenal masyarakat sebagai lumbung padi Sulawesi selatan, namun sebenarnya daerah dengan tanah subur ini memiliki satu potensi unggulan di bidang perunggasan yang belum dibudidayakan secara maksimal.
Di daerah sidrap terdapat satu jenis ayam yang berbeda dengan ayam yang selama ini kita kenal karena memiliki ciri khas dari suara yang sangat unik kalau berkokok.
Secara pisik ayam ketawa tersebut hampir sama dengan ayam biasa, Kokok Ayam Ketawa Sidrap, pada ujung suara kokok seperti orang tertawa, Jenis ketawanya bermacam-macam.
Didaerah asalnya ayam ketawa ini disebut Ayam Gaga’, tetapi karena suara kokoknya seperti orang yang sedang tertawa, maka dari itu disebut Ayam Ketawa.

Ayam Ketawa sangat langkah karena dari sejarah nya dahulu yang memelihara ayam ketawa rata-rata Bangsawan, dan merupakan symbol status sosial sehingga masyarakat sangat jarang memeliharanya karena ada perasaan segan dan hormat pada Rajanya ,sehingga perkembangan Ayam ketawa Sangat terbatas.

36 Responses

  1. yth. admin dan co admin …
    apakah berpengaruh jika peranakan ayam ketawa berumur 2 bulan di campur dengan peranakan ayam biasa yg berumur sama?
    dan masalah vaksinasi untuk ayam ketawa umur 2 bulan itu di mana dapat di peroleh nya dan berapa harga standar nya untuk vvaksinasi itu?

    terimakasih

    • menurut saya, sebaikny ayam ketawa jangan dicampur (1 kandang) dg ayam jenis lain untuk menjaga kwalitas kesehatannya. vaksin yg diberikan spt yg disebutkn diatas. vaksin bisa diperoleh di toko pakan atau klinik Dr hewan.. seandainy pun sulit didpt dikota anda, dg memberi vitamin yg cukup pd ank ayam & mnjaga kebersihn lingk, insyaallah akan mnjaga kesehatannya. smoga jwbnya membantu…

  2. Assalamualaikum …. admin, co admin

    Saya beli anakan Ayam Ketawa sepasang dari piyikan sekarang umur sdh 1 bulan 14 hari, biasa saya kasih makan voer 511 fool, stlh lewat umur 1 bln pernah saya ksh dedak dan nasi sama2 dimasak, dan pernah saya tambahkan irisan kangkung Alhamdulillah rakus pisan, tp sekarang sidoi susah makan karena saya ga ksh kangkung lagi ngambek kali ya, sy kasih without kangkung malas dia makan, kenapa sih sidoi suka kangkung ? padahal klo kita makan kangkung ngantuk bawaannya ada alt or solusi lain ga ? tq

    • alaikumsalam mas harry..
      sidoi lg susah makan ad bbrp faktor slain emang hoby sm kangkung🙂
      kl dilihat cuaca skrg lg g brsahabat, hawane g enak (hewan juga mrasakan yg sama) jd slera makan brkurang. bisa jadi juga dia sedang mengalami kejenuhan (kangkung lg kangkung lg…) variasi dong gan..😀
      Ayam memang senang hijau2an, ga cuma kangkung tp jenis daun2 dia suka sprt daun pepaya, daun cabe itu juga senang bgt (soale pohon cabe dkat kandang gundul dibabat😀 ) kacang panjang (rajang tipis). kl agan perhatikan.. ayam kl diumbar (dilepas bebas) makan rumput juga (sbnrnya utk pencernaannya.. ) kulit bawang (bekas masak) juga bs dikasi gan… tp baikny smua sayuran itu direbus dl, makannya lebih lahap :0
      so gan… pandai aj deh ngertiin, krn mereka kan g bisa bilang “Q bosan ga makan yg itu2 mulu ”😀
      ok sukses & sehat slalu… smoga bs trjawab…🙂

  3. tanpa vaksin yg pntg bersih dan vtamin tercukupi ga mslahkan?

    • bisa saja mas tanpa vaksin yg penting setiap saat dipantau keadaan/perkembangnnya..
      yg kita pelihara ini kan mahluk hidup yg ga bisa ngomong jd harus pandai2 kita membaca keadaan mrk
      Kl sy pribadi disaat perubahan musim, vaksin jadi dibutuhkan utk kekebalan tubuh (buat jaga2)
      sama sprti kita bayi dulu.. wlu ortu sdh menjaga kita & memberi makan yg berkualitas.. tp kan kita tetap diimunisasi..😀

  4. Assalamualaikum …. admin, co admin

    ah mo nambah nanya ya…..
    menu makan dah sy ksih bayam Alhamdulillah mau … (biar si doi b’dua jd popeye n olive) nah pertanyaanya rumah saya klo pagi ga kena sinar matahari n kandang sy taro ketutup kanopi (carport) masalah ga ya ? tp dr siang to sore kegerahan sih….., trs skrg dah mulai ada kokoknya tp kokoknya pendek, gmn biar nafasnya panjang ya ? impian sy si doi maunya ikutan Indonesian idol nih, ….. bisa ga ya ? Wassalamualaikum …….

    • Lama g mantau blog, br jwb skrg.
      baiknya sih kena matahari pagi, hasilnya beda.. akan lbh segar & sehat (sm ky org kan). sbnrnya kokokn/ketawa, dominasi faktor genetik meski bs diusahain supaya kedengrn bagus aj. tips/saran dr org di makasar/sidrap sana skali-skali ks jangkrik (masuk usia remaja) atau gabah.. kl toh hasilnya ga panjang, ya memang sdh jenisnya begitu, udah takdir turunannya😀

  5. oya.. silahkan liat2 lg tulisan sy ttg pakan & vaksin utk lbh jelasnya..

  6. mbak nita , betina ketawa saya setelah menetaskan 2 engkraman trus mbodol bulunya, setelah itu lama gak mau bertelur, padahal kawinhampir tiap hari, gmn cara supaya mau bertelur lagi

  7. cara membedakan ayam ketawa jantan dan betina umur 2 bulan gimana ya?? soalnya baru pertama kali berkecimbung di dunia ayam ketawa..

    • bedain ny sama pd ayam umumnya. kl 2bln sdh jelas kelihatan, scr fisik bs lihat jenger diatas paruh, dan ekor yg tegak (jantan) g ada jengger & ekor turun (betina) dr suara.. (perlu keahlian khusus🙂 )

  8. salam bagi fecinta ayam ketawa saya mau nanya nich cara ngerawat ayam keatawa waktu fergantian musim gimana ya afa fakai

  9. mohon info, biasanya rata2 dihargai berapa rupiah anakan Ayam ketawa umur 3-5bln gan ? :))

  10. ass min.
    saya 3 bulan lalu beli anakan ayam ketawa seharga 150 sepasang. kata penjualnya sih asli dan sepasang. tp setelah 3 bulan ini blm ada tanda2 seperti ketawa. jenis ayamnya ada jambulnya dikit di kepala. apakah yang saya beli itu ayam ketawa assli atau bukan??

    • mengenai keaslian saya kurang tau. krn scr fisik ayam ketawa dan ayam kampung mempunya bnyk kesamaan. hanya dg suara kokokannya kita bs membedakannya. jika waktu membeli anda tidak melihat sendiri indukannya (asal usulnya) jadi tunggu saja sampai bersuara pd suia 5bln.
      maaf bila jwbn kurang memuaskan

    • om ayam ketawa umur 3-4 bulan udh bisa berkokok hampir mirip ayam dewasa ketawa om.

  11. Min saya punya spasang ayam ketwa jantan n betina tapi karna kcelakaan yng betina meninggal..!! Skrang tinggal yng jantan saya umbar dengan ayam betina biasa…!! Dan skarang dah bertelur ,, yng mau sya tanyak nanti telurx nettes ittu jdi ayam ketwa ato ayam biasa ato malah blazterant hehehe🙂

  12. Gnii mas….
    Saya mau taxa nii,knpa each ayam ketwa saya ketwax kya’ ayam kampung,msih blum bisa ptah” sperti ayyam ketwa lainx
    pa ada maslah dg tenggoro’an atau pita suarax each
    pdahal udah saya kasih ramuan jamu seperti jahe,tomat,bayam
    dan 2 hari sekali saya kasih jangkrik 12 ekor

    pdahal umurx sudah 4,5 bulan

    terimaksih mass???
    Saya tunggu jawabanx

    • Kl mmang ayam ketawa anda asli, bisa jd kualitasny kurang Atau bibitny bkn kualutas baik.
      Kl dilihat dr umur, umur 7bln baru akan terlihat jelas jenus suaranya

  13. Oke bagus

  14. Mas, saya punya 2 ekor jantan ayam ketawa dan rajin bekokok. Tapi ada persoalan, keduanya galak sekali dan sering menyerang kita kalau didekati. Mohon informasi, gimana cara mengatasinya supaya ngak galak lagi, terimakasih.

  15. salam mbak nita.
    Saya beli anak ketawa umur 1 minggu. Kata penjualnya umur 2 minggu juga udh bisa berkokok, tpi yg saya ayamnya baru berkokok umur 5 minggu, itu juga dengan interfal pendek dan cuman 2 ketukan, apa ada yg salah yah dalam pengurusan ayam ketawanya?
    masalahnya saya pemula. Hehe.
    Tolong infonya

    • . mksh ats kunjungannya
      jenis suara, panjang pendeknya bisa trgantung pada indukannya.. sedangkan mulai berkokok bs trgantung dg linkungan.. kl disekitarnya ada jantan dewasa atau jago yg seusia nya lebih berani .. kmungknan dia takut untuk berkokok.
      smoga membantu

  16. salam mbak nita.
    Saya beli anak ketawa trah juara umur 1 minggu. Kata penjualnya umur 2 minggu juga udh bisa berkokok, tpi yg saya ayamnya baru berkokok umur 5 minggu, itu juga dengan interfal pendek dan cuman 2 ketukan, apa ada yg salah yah dalam pengurusan ayam ketawanya?
    masalahnya saya pemula. Hehe.
    Tolong infonya

    • Assalamu’alaikum
      Malam min ,mau tanya ,, ada 2 pertanyaan min
      1.skrang saya pny 5 indukan yg puny anak , awalny sehat stlh umur 4 minggu ada yg sakit hingga yg mati . Jd utk mncegah biar gk ada yg mati lg saya kasih trimezyn , awalny hny 1/6 kaplet skrg tak ksih 1/2 . Boleh gk.? N saya kasih jg vitamin , dulu lupa waktu pertama netas gk sy ksih vitamin. Kasusny : ada kyak kutil di mata , hidung n bwah paruh ,solusiny min
      2. Ayam ketawa saya yg umur 4 bulanan , yg betina tb” muncul kyak kutil di atas mata jd saya ksih trimezyn, bs smbuh ya . Truz utk pakan ayam ketawa baik yg jago ,betina , umur 3-4 sya ksih pakan beras jagung+beras putih , bayam , kdang daun pepaya ,daun katu ,tomat ,anggur busuk , roti .. Itu baik gk bwt ayam ketawa?
      Terimakasih

      • trimakasih atas kunjungannya…sy coba bantu jawab berdasarkan pengalaman saya
        1. anakan memang cendrung rentan terkena penyakit. karena itu usahakan dlm 2bln pertama biarkan dia dg indukan dl. sampai antibody alami terbentuk. indukan bisa memberikan kehangatan utk anakan dan memakan kutu2 yg ada pd anakan, dg kata lain indukan merawat anaknya.
        vitamin anakan sy biasa kasi vitachick aj dlm air minumnya.
        jaga selalu kebersihan kandang dan kelembabnya. coba ruti pengasapan disekitar kandang, misalnya dg membakar daun/ranting2 yg dicampur dg kulit brambang/bawang. smingu skali
        2. kl untuk kutil umumnya susah hilang.. tp pemberian obat umumnya cm menghambat perkembangannya
        demikian jawaban saya, maaf blm tdk memuaskan.
        trimakasih

    • salam mas indrakokocio
      pengalaman saya usia 2 bln (8ming) baru berkokok.. sedangkan ayam mas pada usia 5 ming,menurut saya tidak ada yg salah dalam pengurusannya. cepat lambatnya anakan mulai berkokok bisa juga disebabkan oleh lingkungan dan mentalnya. kl lingkungan skitarnya bnyk jago artinya dia terbiasa mendengar kokokan kl mentalnya berani dia akan ikut berkokok juga.
      demikian mas jawaban saya smoga bisa membantu. trims

  17. mlm mbak … sy mau tanya apa obat utk ayam ketawa yg ngorok …. sdh 2 hari ini sy kasih medytril 2 kpsul/pagi sore ….. tp blm nampak perubahan …. gmn solusi nya mbak . tks infonya

    • perubahan cuaca atau cendrung hujan bisa menyebabkan ayam ngorok. utk mnghangatkan tubuhnya dan membunuh bakteri, coba beri jahe, kunyit seukuran stengah kelingking. ditumbuk halus. berikan pagi sore selama 3-4hari. boleh campur dg nasi hangat. lalu suapkan keayam.. kepalan nasinya kecil aja y biar ga keselek🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: